Newsletter

JFC Anniversary : 300 Pemancing Membludak di Taman Bambu


30 Apr 2016

Para pemenang foto bersama dengan panitia dan pejabat setempat

Kabarmancing.com, Cipayung, Jakarta Timur –
Bulan Maret 2016 agenda Jakarta Fishing Club (JFC) berikutnya menggelar Open Fishing Tournament di Setu Taman Bambu, Cipayung, Jakarta Timur. Kegiatan bertajuk “JFC Anniversary Open Fishing Tournament 2016” sekaligus merayakan hari jadi JFC kedua yang jatuh bulan Januari 2016 kemarin. Namun untuk mencari momen yang meriah dan mengumpulkan banyak pemancing serta anggota JFC maka kegiatan ini dilakukan di setu buatan di Taman Bambu yang layak dijadikan ajang lomba mancing di alam terbuka. Itulah diungkapkan M. Rasyid, Ketua Umum JFC yang didampingi Sukarno ketua pelaksana event, dua hari pra lomba.

    ESB 5

Ya, selama 2 bulan Korwil Kebon Baru pun berjibaku mensukseskan acara yang ditunjuk oleh ketua umum sebagai panitia event. Di bawah kendali Sukarno seluruh anggota bergerak mencari sponsor dan peserta 300 orang dengan bandrolan tiket Rp 175 per orang perlapak. ”Lomba terbuka untuk umum. JFC mengikutsertakan seluruh anggota yang tergabung dalam Korwil/Tim JFC Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, sedangkan peserta lainnya diisi pemancing dari luar JFC. Target kami 300 peserta, yang 60 persen anggota JFC dan selebihnya diluar JFC,” ujar Sukarno kepada kabarmancing.com

    Dukungan sponsor pun ikut berpartisipasi di kegiatan ini seperti Saung Desa, Always Strike, IMM Fishing Shop, PT TCE Sport Internasional (Daiwa), kabarmancing.com, RM. Sederhana, Lissa Photo, PT. Jakarta Trans Cargotama, PT. Sinar Terbit Sejahtera, Prima Teknik Utama, Toko Baut Lancar Abadi dan PT. Dinata Jaya Exspress. Para sponsor itulah banyak membantu terselenggaranya acara.   

ESB 9

    Apa yang disampaikan Rasyid, untuk memuluskan acara 300 peserta dibagi di dua setu yang jaraknya tidak jauh, yaitu Kolam A dan Kolam B. “Ukuran Kolam A lebih luas dibanding Kolam B. Masing-masing kolam diisi 150 orang,” ujar Rasyid. Sukarno pun menambahkan, siang harinya jam 12 siang peserta Kolam A berpindah ke Kolam B begitu pula peserta Kolam B pindah ke Kolam A dengan nomor lapak tetap.   

ESB 8

    Untuk hadiah jackpot senilai Rp 6 juta tersedia 6 hadiah bertuliskan nama hadiah yang diikat di ikan ada sepeda lipat, televisi, kipas angin, blender, magic com dan handphone yang harus diperebutkan peserta. Jumlah ikan rame 850 kg dan super 150 kg dibagi rata di 2 kolam. Umpan bebas boleh umpan hidup atau umpan apa saja, teknik pelampungan dan glosor boleh, karena ini setu jadi bebas memakai umpan begitu juga mata kail bebas.

 

Pindah kolam

    Minggu, 13 Maret 2016, sejak pagi Taman Bambu tampak ramai, pedagang dadakan kaki lima dan warga sekitar tumpah jadi satu memenuhi pekarangan, begitu juga di dalam Taman Bambu pemancing berdatangan jumlahnya 300 orang, tak ayal hari itu  penuh sesak. Tamu undangan pun hadir dan memberi sambutan dari perwakilan Kapolsek Iptu Da’i Saputra SH dan Zaenudin dari Danramil. Usai kata sambutan secara simbolis pihak Danramil dan Polsek melepas ikan super pertanda lomba dimulai.   

ESB 7

    Di Kolam A dan B, ikan diturunkan pagi itu masing-masing 325 kg rame dan sebagian ikan super. Peserta mulai mengincar ikan induk berhadiah uang untuk Juara 1, Rp 3 juta, Juara 2, Rp 2,5 juta dan Juara 3, Rp 2 juta. Ikan jackpot 8 ekor siang harinya diturunkan. Bagi pemancing kolam, hal ini agak merepotkan apalagi kedalaman setu 1 s/d 3 meter, tapi bagi pemancing alam liar tidak masalah mereka lebih leluasa menggunakan teknik glosor.

Jua

Panitia dan pendukung sponsor foto bersama

    Beberapa menit berjalan pantauan kabarmancing.com di kedua setu ikan mulai terangkat, begitu juga super mulai ditimbang. Kolam A suasananya meriah karena ada panggung organ tunggal, sebaliknya Kolam B suasana hening dan konsentrasi pemancing lebih fokus.  Waktu terus berjalan, jam 12 siang perpindahan kolam berlangsung, dengan berjalan kaki peserta Kolam A bergerak menuju Kolam B dan peserta Kolam B pindah menuju Kolam A. Perpindahan ini diselingi makan siang gratis, Dengan lahapnya peserta menyantap di sisi setu. 

juara

Pemenang jackpot Kolam A dan B menerima hadiah

    Jam satu siang lomba berjalan lagi, pembagian doorprize sudah diljalankan panitia dengan undi lapak. Di sesi dua perolehan ikan bagus, ikan jackpot sudah diturunkan dan terangkat dari Kolam B dan Kolam A. Perolehan ikan induk dari angka 2 kg terus bergerak mendekati angka 3 kg up yang dipegang Badri dari Korwil Gatra dengan berat ikan 3,050 kg.

juara

Para pendukung sponsor menerima piagam yang didampingi Sukarno (ujung kanan)

    Jam 2 siang sisa ikan super di kedua kolam kembali dilepas begitu pula ikan rame 100 kg. Cuaca terik mulai menghinggapi Cipayung, karena sekeliling setu tidak ada atap maka peserta mencari cara bagaimana terhindar dari sengatan matahari.

juara

Rahmat selaku Penasehat JFC (kiri) memberikan piagam penghargaan kepada Saung Desa

    Satu jam jelang usai masih tercatat nama Badri, juara satu sementara. Setengah jam lamanya panitia terus meneriakan lomba akan selesai. Jam lima sore event Open Fishing Tournament JFC pun disudahi. Para juara dipanggil keatas panggung menerima hadiah. Tercatat Juara 1, Badri (Korwil Gatra/3,050 kg), Juara 2, Yusuf (Korwil Kebon Baru/2,620 kg) dan Juara 3, Camar Laut dengan berat ikan 2,275 kg. Pemenang prestasi super terbanyak jatuh kepada Rojak dan Wahyudi yang mendapatkan piranti pancing ril dan joran.

    “Usai sudah event JFC yang berhasil mengumpulkan 300 pemancing di satu lokasi,” imbuh Rahmat selaku Penasehat JFC. Setelah menerima hadiah dan foto bersama, Setu Taman Bambu lambat laun ditinggalkan pemancing dan jadi saksi bisu kegiatan JFC.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

http://www.kabarmancing.com/komunitas/jfc-anniversary-300-pemancing-membludak-di-taman-bambu

Hubungi kami


www.alwaysstrike.net